Aris Surjanti

Guru SMP Negeri 1 Teluk Bayur Kab. Berau...

Selengkapnya
Mengapa Saya Harus Menulis ?

Mengapa Saya Harus Menulis ?

Mengapa saya harus menulis? Pertanyaan ini sering terlintas saat saya melihat begitu banyak orang yang sangat sibuk menulis dan bahkan saling berlomba untuk bisa menerbitkan bukunya. Seperti virus, kegiatan menulis begitu mewabah dan menyebar hingga ke pelosok negeri. Berbagai pelatihan menulis selalu penuh dengan peserta yang bersemangat prima. Tak pandang usia tua muda semua bergelora ingin menjadi seorang penulis yang mempunyai karya nyata. Saya pun ikut terhanyut dalam semangat yang sama. Namun apalah daya minat tak sesuai bakat. Kemampuan yang sangat memprihatinkan membuat saya malu-malu melangkah maju mengikuti gerak mereka. Hingga suatu ketika, saya terinspirasi oleh sebuah video dari seorang penulis terkenal, bapak Cahyadi. Beliau mengatakan jika saya ingin menulis maka harus memiliki motivasi yang kuat untuk memulai menulis. Motivasi ini bisa diperoleh dengan cara mengetahui tujuan dan manfaat dari kegiatan menulis.

Menurut beliau menulis itu memiliki banyak tujuan. Menulis dapat menginspirasi orang lain dengan pandangan hidup yang kita yakini. Orang bisa terpengaruh dengan nilai-nilai ideologi yang kita tulis. Melalui tulisan kita juga dapat membuat sarana berupa materi atau bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran yang bisa bermanfaat secara akademis. Menjadi seorang penulis profesional berarti menjadikan kegiatan menulis sebagai profesi maka melalui tulisan kita juga mendapatkan keuntungan materi atau kepentingan ekonomis. Dengan menulis secara psikologis kita bisa menyurahkan segala perasaan yang dialami baik bahagia maupun duka. Seorang politikus yang mempunyai kepentingan politik bisa membuat tulisan yang mengandung ajakan untuk memihak suatu golongan politik dan mengedukasi orang lain untuk berpolitik dengan baik dan damai. Selain itu tulisan juga bisa menjadi sarana mengedukasi berbagai lapisan masyarakat melalui informasi yang bersifat pedagogis. Dari sudut pandang medis kegiatan menulis ternyata bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat secara fisik dan spiritual. Adapun tujuan yang lain dari kegiatan menulis adalah tujuan praktis yang mengharuskan seseorang menulis karena ada tuntutan tugas, tanggung jawab suatu jabatan atau hanya ingin populer.

Selain tujuan di atas menulis juga memiliki banyak manfaat. Manfaat yang bercorak nilai di antaranya membuat seseorang banyak belajar dan membaca. Karena ini mustahil bagi seseorang yang pandai menulis kalau dia sangat malas membaca. Menulis juga bermanfaat untuk melatih berfikir logis dan sistematik. Bahkan sebuah tulisan fiksi pun harus logis ceritanya. Melalui tulisan kita juga bisa mengikat makna agar informasi yang didapat tidak mudah hilang. Membaca adalah menangkap makna dan menulis adalah mengikat makna. Yang paling menarik dari manfaat menulis adalah sebagai sarana katarsis untuk meringankan beban yang kita rasakan. Karena menulis bisa menyalurkan segala perasaan sedih dan senang. Melalui tulisan seseorang juga bisa berdakwah dan memberikan edukasi atau pencerahan kepada orang lain. Tulisan dengan konten dakwah dan dibagikan di media sosial akan sama bergunanya dengan dakwah secara langsung. Bahkan terkadang lebih efektif. Manfaat lain dari menulis adalah bisa mendapatkan kepuasan mental yang mungkin tidak bisa didapatkan dalam kegiatan lain selain menulis. Betapa banyak manfaat menulis bukan? Lalu masih kah pantas jika ada yang bertanya, mengapa saya harus menulis ?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantaps tak bisa nulis, tp tukisannya panjang. Kalau sy menukis untuk curahkan segala apa yg ada dlm hati dan pikiran, agar lepas

14 Sep
Balas

Betul bu. Tulisan bisa jadi tempat curhat biar plong. Hehehe

15 Sep

Tepat sekali

15 Sep
Balas

Terimakasih bu. Salam kenal bu

15 Sep

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali